Header Ads

ads header

Breaking News

Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama) MAN Alor Hari Pertama

 

| Upacara Pembukaan MATSAMA MAN Alor 2023|

Senin, 10 Juli 2023 Madrasah Aliyah Negeri Alor melaksanakan kegiatan Masa Taaruf Siswa Madrasah (MATSAMA) dengan tema: Mewujudkan Generasi Moderat, Tangguh, Kompetitif dan Inovatif Menuju Madrasah Mandiri. Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 10-12 Juli 2023. Kegiatan ini langsung dibuka oleh Bapak Hadi Abdul Aziz Kamis, S.H selaku Kepala MAN Alor. Dalam amanatnya pada upacara pembukaan MATSAMA di Lapangan Madrasah, Bapak Kepala MAN Alor menuturkan bahwa “MAN Alor merupakan Madrasah Aliyah Negeri satu-satunya di Kalabahi. Perlu kita ketahui bahwa MAN Alor ini juga merupakan MAN Keterampilan. Hal yang perlu kita tunjukan dalam kehidupan interaksi di masyarakat kita saat ini yaitu kita menyiapkan akhlak dan perilaku yang baik, sopan santun dengan mendasarkan pada nilai-nilai Islam. Kita menyiapkan siswa dengan kesiapan pengetahuan dan keterampilan yang baik. Maka dari pada itu kita perlu melaksanakan Masa Taaruf Siswa Madrasah (MATSAMA)”.

Bapak Kepala MAN Alor memberikan penekanan kepada Panitia Pelaksana MATSAMA bahwa kegiatan ini bukan sekedar kegiatan fisik. Tidak ada hukuman fisik, tapi kegiatan ini semata-mata agar kita saling mengajarkan dengan teori serta tauladan yang baik. Ketika terjadi pelanggaran selama kegiatan berlangsung selama 3 hari kedepan, kita harus menghindari sanksi atau hukuman fisik dan lebih memilih cara-cara penyelesaian yang bersifat edukatif.

Baca juga: Kepala MAN Alor Membuka Kegiatan Matsama TP. 2023/2024

Kegiatan MATSAMA ini diikuti oleh 421 peserta didik baru. Peserta didik baru yang mendaftarkan diri di MAN Alor merupakan alumni dari berbagai Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Alor dan sekitarnya. Dari sejumlah peserta didik baru tersebut, kemudian dibagi kedalam 12 regu dengan masing-masing ketua kelompok.

Setelah kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala MAN Alor, agenda selanjutnya yaitu pemaparan materi Pengenalan Lingkungan Sekolah yang berlangsung di Mushola MAN Alor dengan pemateri Bapak Hadi Abdul Aziz Kamis, S.H. Selanjutnya, peserta didik baru diarahkan ke taman sekolah untuk mengikuti materi kedua yang di bawakan oleh Bapak Mahrum Gorang, S. Pd selaku Ketua Forum Komunikasi Peduli Lingkungan Madrasah. Adapun materi ketiga dan keempat yaitu Keamanan dan Ketertiban Masyarakat dan Peran OSIM yang masing-masing di bawakan oleh BABINKAMTIBMAS Kelurahan Binongko dan Bapak Abduh Haris K. Hobol, S. Pd selaku Pembina OSIM MAN Alor.

Tidak ada komentar